Apa Itu LinkedIn? Bagaimana Cara Menggunakannya?

Di era modern dengan kemajuan tekhnologi yang pesat, ada banyak aplikasi dan situs yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja. Hanya bermodalkan jaringan internet yang lancar, Anda sudah bisa mendapatkan apa yang dicari. Salah satu situs jejaring sosial yang sedang banyak digandrungi para pekerja dan pebisnis dunia adalah LinkedIn.

Apa itu LinkedIn?

LinkedIn adalah situs jejaring sosial seperti facebook dan beberapa situs jejaring sosial lainnya. Namun, Linkedin diketahui digunakan oleh bisnis atau individu untuk tujuan rekrutmen, mencari kerja, dan membuka peluang bisnis baru bagi pengguna. Berbeda dengan media sosial lain yang hanya digunakan untuk kepentingan hiburan, Linkedin hanya sebatas dunia bisnis saja.

Sejauh ini, Linkedin telah menarik lebih dari 200 juta anggota aktif. Mungkin Anda adalah salah satu pengguna atau calon pengguna Linkedin. Cari tahu selengkapnya di artikel ini ya.

Linkedin Didirikan pada 14 Desember 2002 di Mountain View, California, AS. Berkantor pusat di Mountain View, California, AS dan saat ini memiliki 33 kantor di seluruh dunia. Pendiri LinkedIn yaitu Reid Hoffman, Allen Blue, Konstantin Guericke, Eric Ly dan Jean-Luc Vaillant

Fungsi dasar LinkedIn yakni memungkinkan pengguna (pencari dan pemberi kerja) untuk membuat profil yang menyertakan resume yang menjelaskan pengalaman kerja, pendidikan dan pelatihan, keterampilan mereka. Pengusaha dapat membuat daftar pekerjaan dan mencari kandidat potensial. Pengguna dapat menemukan pekerjaan, orang, dan peluang bisnis yang direkomendasikan oleh seseorang di jaringan kontak orang lain. Pengguna dapat menyimpan (yaitu bookmark) pekerjaan yang ingin mereka lamar. Pengguna juga memiliki kemampuan untuk mengikuti perusahaan yang berbeda.

Apa Keuntungan Pengguna LinkedIn?

Jika Anda seorang pemberi kerja, LinkedIn adalah tempat yang tidak boleh Anda lewatkan jika Anda ingin mencari informasi tentang kandidat potensial dan terhubung dengan mereka. Di LinkedIn, ada ribuan profil yang potensial dan tidak akan dapat Anda temukan di Facebook, twitter, atau jejaring sosial lainnya.

Cara membuat akun Linkedin

Linkedin

Membuat akun LinkedIn hampir sama dengan jejaring sosial yang lain,

✔️  Kesalahan Umum Pencari Kerja di LinkedIn

Langkah 1: Buat akun LinkedIn
Pertama, Anda harus masuk ke situs web LinkedIn.

Untuk membuat akun, di sudut kanan layar situs web, klik “ Masuk” untuk mendaftar akun. Di sini, Anda memperbarui alamat email dan memasukkan kata sandi Anda untuk melanjutkan.

Langkah 2: Masukkan informasi dasar.
Lanjutkan untuk mengisi informasi dasar seperti: Nama lengkap, Bahasa yang digunakan, area tempat tinggal, Pekerjaan atau sekolah, …
Berdasarkan informasi yang Anda berikan, LinkedIn akan membantu Anda terhubung dengan peserta yang memiliki karakteristik serupa.

Langkah 3: Konfirmasikan pembuatan akun Linkedin
Pada langkah ini, Anda perlu mengakses alamat email yang diberikan pada awalnya saat mendaftar, masukkan kode yang dikirim oleh LinkedIn untuk mengatur akun.

Langkah 4: Perbarui avatar Anda
Gambar profil adalah cara pertama untuk membuat kesan pada perekrut. Oleh karena itu, Anda harus memilih gambar profesional yang menyeluruh, dengan sudut seluruh wajah untuk menarik siapa pun saat mengakses profil Anda.

Langkah 5: Buat CV Online
Dalam CV Anda harus menunjukkan semua, secara rinci karakteristik seperti: pengalaman kerja, tingkat pendidikan, kemahiran bahasa asing, soft skill, penghargaan, dll.

Baca juga:

Cara Menggunakan Google Bisnisku untuk Menarik Pelanggan

Langkah 6: Perkenalkan diri Anda secara singkat
Ini adalah konten untuk Anda rangkum tentang diri Anda. Tulis secara singkat tentang keahlian dan pengalaman Anda untuk menunjukkan sahabat Anda di depan majikan.

Langkah 7: Isi detail untuk meningkatkan skor Profil
Di bawah gambar profil akan ada skala untuk menilai tingkat detail profil Anda. Anda harus sempurna ke level All-Star untuk dapat terhubung dengan orang-orang di sekitar Anda.

Langkah 8: Selesaikan pendaftaran akun Linkedin
Di sini tampilkan semua detail yang telah Anda perbarui, periksa informasinya dan selesaikan proses pembuatan akun Profil LinkedIn.

Originally posted 2022-03-29 12:50:22.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA