Cara Cepat Mengganti Template Blog

mengganti template blog

Dunia blogging semakin naik daun dan kini semakin mendapat banyak perhatian oleh warga maya. Mengingat kondisi saat ini sedang tidak baik-baik saja, kelamaan di rumah, mengotak-atik komputer atau ponsel yang isinya itu-itu saja. Alhasil, tertarik membangun blog yang konon katanya bisa mendapatkan penghasilan dari berbagai arah atau sekedar cuap-cuap untuk menyalurkan hobi dan mencurahkan isi hati.

Memulai blog memang susah-susah gampang, ada beberapa hal yang perlu dipelajari untuk menjadikannya memiliki nilai lebih di mata visitor. Iya, persaingan di dunia blogging itu keras dan sedikit kejam. Meski demikian, kita tidak semestinya menyerah sebelum memulai dan mencoba. Bagi yang menjadikan blog sebatas penyaluran hobi saja, maka ini tidak masalah. Berbeda dengan mereka yang memperebutkan posisi teratas, ingin selalu eksis dan mendapat reputasi baik, segala sesuatunya perlu ditingkatkan.

Memiliki blog menarik tentu saja mempengaruhi pengunjung. Semakin ramai pengunjung, semakin berpeluang untuk mendapatkan penghasilan. Nah, langkah awal untuk memperindah blog yaitu dengan mengganti template.

Apa itu Template?

Template blog merupakan cetakan desain tampilan blog, template ini memuat rangkaian kode html atau kode programming seperti CSS dan javascript yang menjadi dasar pembentukan tampilan blog. Mungkin bagi pemula, mengubah template itu sulit karena dari isinya saja sangat rumit. Tapi, pada bagian ini, kalian tidak perlu memusingkan itu.

Ada banyak web penyedia template blog, mulai dari yang gratisan sampai premium alias berbayar. Gratisan atau premium bagus mana? Semuanya bagus. Yang gratisan bagus karena tidak mengeluarkan uang, sedangkan yang premium bagus karena memberikan fitur yang lebih nyaman dan lebih keren. Kalau masih pemula, coba yang gratis-gratis saja dulu, tapi pastikan memilih template yang responsif.

Bagaimana Cara Mengganti Template Blog?

Cara I

Kali ini, admin akan menjelaskan cara mengganti template pada blogger. Cara mengganti template gampang kok, pertama silahkan download template gratisan sesuai keinginan di salah satu situs penyedia blog. Maka hasilnya akan berbentuk .zip seperti gambar berikut ini. 

mengganti template blog
Selanjutnya klik kanan, pilih open
Silahkan anda mencari file yang format XML, jika pertama kali buka belum ditemukan, coba Anda cari di beberapa folder yang terdapat di dalamnya.
mengganti template
Nah, setelah menemukan, selanjutnya klik kanan, pilih view file.
Tampilannya akan seperti di bawah ini, berisi html. Jangan pusing dulu ya. 
blog

Langkah selanjutnya, silahkan Anda copy semua kode di atas dengan cara CTRL + A, lalu copy
Lalu buka akun blog Anda, pilih tema > sesuaikan > Edit HTML

Jadi gambar di atas merupakan tampilan baru blogspot ya, hampir sama dengan tampilan lama. Hanya saja yang baru ini lebih simpel.

Langkah selanjutnya, Anda hapus semua HTML tersebut lalu paste html yang telah Anda copy sebelumnya dari .zip
Lalu pilih Save. Nah, silahkan reload blog Anda dan template sudah terganti.
Cukup dengan cara Copy – Paste

Cara II

  • Pilih menu template
  • Pilih Backup/Restore di pojok kanan
  • Klik choose file, lalu pilih file xml yang telah kamu download
  • Lalu, klik upload
            Otomatis template blog kamu akan terganti
Sesederhana itu mengganti template blog ya, memang ada beberapa cara menggati template blog tapi cara ini yang paling cepat dan gampang. Cocok bagi para blogger pemula yang masih asing di dunia blog. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.  

Originally posted 2020-10-07 09:11:00.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA