Cara Menggunakan Google Bisnisku untuk Menarik Pelanggan

Pernahkah Anda bertanya-tanya: Bagaimana sebuah bisnis bisa muncul di Google? Bagaimana Google tahu persis di mana mereka berada, bagaimana mereka dihubungi, dan jam berapa mereka beroperasi? Semua berkat Google My Business. Lalu, bagaimana sih cara menggunakan google bisnisku? Sebelum membahas itu, baca dulu ulasan terkait google my business.

Apa itu google Bisnisku?

Google my business (GMB) atau Google Bisnisku adalah fitur gratis yang disediakan oleh Google. Memungkinkan pemilik bisnis untuk membuat profil singkat yang menunjukkan: nama, alamat kantor, nomor telepon, jam operasional, tautan situs web, dll. untuk diletakkan di halaman Google Maps.

Langkah pertama yang penting dalam setiap strategi SEO lokal adalah mengklaim dan memverifikasi bisnis Anda di Google Bisnisku (GMB).

Saat seseorang menelusuri bisnis Anda di Google, informasi yang digunakan dalam penyiapan profil yang diambil dari halaman Google Bisnisku disertakan dalam hasil penelusuran. Hal ini memudahkan pelanggan untuk menemukan bisnis Anda.

Untuk memaksimalkan bisnis Anda, harus mengetahui pasti bagaimana cara menggunakan google bisnisku

Manfaat Google Bisnisku

Kalau kalian bertanya, apa sih manfaat google bisnisku? Pentingkah bagi pelaku bisnis? Jelas penting dong.

  • Membantu Mengelola informasi Anda

Dengan Google Bisnis , Anda dengan mudah mengelola informasi yang dilihat pengguna Google saat mereka menelusuri bisnis Anda atau produk dan layanan yang Anda tawarkan. Bisnis yang memverifikasi informasi mereka dengan Google Bisnisku seringkali dua kali lebih mungkin dianggap oleh konsumen sebagai perusahaan yang bereputasi baik. Saat orang menemukan bisnis Anda di Google Maps dan Google Penelusuran , pastikan mereka memiliki akses ke informasi seperti jam buka, situs web, dan alamat bisnis Anda.

  • Berinteraksi dengan pelanggan

Salah satu manfaat hebat lainnya dari Google Bisnis adalah membantu Anda membaca dan menanggapi ulasan pelanggan dan memposting foto tentang apa yang Anda lakukan.

Google mengatakan bisnis yang menambahkan foto ke cantuman mereka menerima 42% lebih banyak permintaan untuk petunjuk arah mengemudi di Google Maps dan mendapatkan 35% lebih banyak klik melalui situs web mereka dibandingkan bisnis lain yang tidak menggunakan GMB.

Cara Mendaftar Google Bisnisku

Dengan manfaat luar biasa dari Google Bisnis, membantu merek Anda mempromosikan manfaat Pemasaran yang luar biasa, mulailah dengan panduan singkat ini tentang cara mendaftar ke Google Bisnis hanya dalam 5 langkah mudah di bawah ini.

Pertama, mulai akses di tautan: google.com/business dan tekan tombol Mulai sekarang untuk mendaftar.

Langkah 1: Isi nama bisnis Anda

Setelah mengisi, klik Berikutnya untuk menyetujui Persyaratan Layanan dan Kebijakan Privasi Google dan melanjutkan.

Langkah 2: Tambahkan lokasi bisnis.

Lokasi ini akan muncul di Google Maps dan Google Penelusuran saat pelanggan menelusuri bisnis Anda.

Setelah mengklik Ya, tabel alamat muncul. Anda hanya perlu mengisi informasi alamat dan kemudian klik Next. Lanjutkan menentukan lokasi Anda saat muncul di Google Maps untuk menyelesaikan langkah ini.

Kemudian Google akan menanyakan apakah Anda memiliki lokasi lain? Jika bisnis Anda memiliki beberapa alamat, klik Ya.

Langkah 3: Pilih kategori yang tepat

Pilih kategori utama yang menggambarkan seluruh bisnis Anda. Jangan menambahkan beberapa kategori ke daftar semua produk dan layanan Anda.  Gunakan kategori tambahan untuk memberi tahu pelanggan lebih banyak tentang layanan spesifik yang Anda tawarkan.

Langkah 4: Pilih detail kontak

Anda dapat memilih nomor telepon hotline, alamat URL situs web atau keduanya saat ditampilkan di Google.

Langkah 5: Selesai

Kemudian cukup klik Selesai setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah di atas untuk menyelesaikan pendaftaran Anda dengan Google Bisnis.

Bagaimana Cara menggunakan Google Bisnisku?

Hal yang perlu diketahui adalah cara menggunakan google bisnisku. Caranya bagaimana? Google bisnis menyediakan beberapa item di dashbord yang bisa memudahkan Anda dalam mengelola Google bisnis, yaitu:

Kelola Lokasi:

Memungkinkan Anda mengelola lokasi saat ini yang Anda miliki. Akan ada kasus di mana Anda mengelola beberapa lokasi di akun yang sama.

Akun Tertaut :

Ini adalah bagian yang memungkinkan Anda menautkan akun bersama. Misalnya, Anda dapat menautkan akun iklan di Google.

Pengaturan :

Ini adalah bagian di mana Anda dapat menyesuaikan pengaturan bahasa, ulasan tampilan, gambar, dan beberapa pengaturan lainnya.

Dukungan :

Anda dapat membuka bagian dukungan untuk menemukan jawaban atau mengirimkan pertanyaan langsung ke tim Google untuk mendapatkan dukungan bila Anda memiliki pertanyaan tentang penggunaan Google Bisnisku atau Kelola Google Bisnisku Enterprise.

Baca juga:

Cara Menentukan Harga Jual Produk

Item Pengelolaan Google Bisnisku

  • Posting

Posting artikel baru atau kelola artikel, di bagian ini akan ada opsi untuk berbagai format posting seperti:

  • Konten baru

Anda dapat berbagi informasi terbaru tentang bisnis Anda, seperti: mengubah nomor telepon perusahaan Anda, atau produk baru, dll. Anda dapat menulis artikel dengan konten hingga 1500 karakter beserta gambar/video untuk ilustrasi. 

Selain itu, terdapat tombol untuk membantu mempromosikan penjualan untuk bisnis Anda, seperti: pre-order, beli online, beli, pelajari lebih lanjut, …

  • Acara

Anda diperbolehkan memposting konten hingga 1500 karakter dengan gambar atau video. Memperbarui nama dan waktu acara akan membantu pelanggan menangkap informasi dasar. 

Selain itu, konfigurasi tombol juga menawarkan opsi seperti: pre-order, beli online, beli, pelajari lebih lanjut, … sehingga Anda dapat memilih konfigurasi yang paling sesuai.

  • Penawaran

Anda dapat memberikan kode kupon kepada pelanggan Anda agar mereka dapat berbelanja produk Anda dengan harga yang paling menguntungkan. Ini akan membantu merangsang pengalaman belanja dan produk/layanan dari pelanggan.

  • Produk

Bagian ini berfokus pada produk/jasa. Anda akan memberikan informasi rinci tentang produk dan layanan bisnis. Terlampir adalah harga setiap jenis produk.

  • Informasi

Semua informasi yang benar akan membantu meningkatkan tingkat belanja dan pengalaman pelanggan. Jadi, apa saja informasi penting dan perlu di Google Bisnisku?

  • Nama toko : perlu menunjukkan produk/layanan yang Anda sediakan.
  • Industri : pilih minimal 3 profesi yang paling dekat dengan bidang usaha anda. Tujuan membantu Google mengetahui produk apa yang Anda tawarkan? Dari sana dapat menautkan dan mengembalikan hasil kepada pengguna saat mereka menelusuri.
  • Lokasi pasokan : Di wilayah mana Anda menyediakan produk/jasa Anda?
  • Uptime : Perbarui waktu aktif bisnis.
  • Waktu khusus : adalah waktu ketika bisnis Anda sedang berlibur atau ada acara khusus.
  • Nomor telepon dan alamat situs web : Ini adalah dua informasi yang sangat penting dan harus benar-benar akurat. Apalagi jika toko Anda memiliki bisnis online, itu menjadi lebih penting.
  • Selain itu, Anda juga dapat memperkenalkan informasi umum tentang bisnis Anda, tanggal pendirian dan memposting gambar perusahaan Anda.
  • Wawasan

Disini Google Bisnisku akan mengupdate data pelanggan. Ini akan membantu Anda lebih memahami pelanggan potensial Anda. Setelah itu, strategi bisnis dan manajemen GMB yang lebih baik akan diberikan untuk mengembangkan toko.

Pengambilan pelanggan yang mencari berdasarkan waktu (minggu/bulan) akan membantu Anda lebih memahami produk/layanan apa yang dicari pelanggan Anda?

Cara pelanggan menemukan bisnis Anda adalah langsung dengan nama bisnis Anda, alamat, atau mereka menemukan bisnis Anda dari industri terkait lainnya.

Tempat pelanggan melihat bisnis Anda: di penelusuran atau di peta.

Apa tindakan pelanggan saat melihat peta bisnis? Kunjungi situs web Anda, hubungi bisnis Anda, atau temukan jalan menuju toko Anda.

Selain itu, Anda juga dapat menerima informasi untuk meningkatkan bisnis Anda agar berkembang lebih baik.

  • Tinjauan

Menanggapi pertanyaan dengan cepat adalah cara untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Ulasan dari pelanggan akan membantu Anda mengetahui dan mempromosikan kekuatan Anda. Selain itu, komentar dan peringkat bintang juga memengaruhi peringkat pencarian Anda di Google Maps.

Bagaimana jika saya menerima ulasan buruk dan tidak jujur? Dalam hal ini, harap laporkan ke tim Google untuk ditinjau, dengan mengeklik bagian “Tandai Sebagai Tidak Pantas”.

  • Foto

Jangan lupa untuk memposting foto profil serta foto sampul tampilan untuk bisnis Anda. Selain itu, saat mengelola Google Maps, Anda juga perlu memposting foto atau video produk/layanan bisnis Anda secara berkala. Ini membantu meningkatkan perhatian pelanggan dan tingkat konversi belanja.

  • Situs web

Ketika Anda telah sepenuhnya menyatakan informasi yang diperlukan, Google akan secara otomatis memperbarui informasi ini ke dalam konten situs web atau Anda juga dapat memposting konten lain. 

  • Pengguna

Anda dapat mengelola akun apa pun yang mengelola Google Bisnisku dengan peran seperti:

  • Pemilik
  • Pengelola
  • Manajer media

Anda akan dapat mengatur izin ini sepenuhnya untuk membantu dalam pengelolaan Google Bisnisku.

  • Buat Iklan

Anda dapat menggunakan pembuatan iklan untuk mengembangkan bisnis Anda. Namun, Anda hanya boleh menggunakan fitur ini jika Anda sudah memiliki pengetahuan tentang Google Ads

  • Tambahkan lokasi baru

Ketika saya mengubah lokasi bisnis saya atau memperluas cabang, apa yang harus saya lakukan di Google bisnis saya? Satu akun dapat mengelola banyak lokasi bisnis yang berbeda.

Leave a Comment