Kenali 4 Pakaian Adat Sulawesi Selatan Paling Eksotis dan Keren

Pakaian adat sulawesi selatan – Nama Sulawesi Selatan kurang lengkap jika hanya membahas Toraja, Makassar, dan tempat lainnya. Tetapi satu keunikan lagi soal pakaian adat Sulawesi Selatan yang mendunia hingga sekarang.

Namanya juga sudah banyak didengar oleh banyak warga Indonesia, dimulai dari adat budaya, para tokoh sampai busana juga sering dibahas, karena memang memiliki keunikan tersendiri dalam hal pernik, model, desain yang tidak jauh dari budaya khasnya.

Terkait dengan hal itu, maka kami menarik simpul bahwa produk seperti ini patut dipahami oleh banyak orang, termasuk Anda. Sebagai warga setempat pastinya sangat mengetahui betul perihal pakaian dan fashion style di sana.

Apalagi untuk penggunaannya di acara besar maka itu menjadi hal yang menyorot pandangan orang untuk menggali informasi lebih lanjut. Inilah beberapa ulasan menarik tentang pakaian yang dikenakan di Sulawesi Selatan.

Model Kekinian Menjadi Modernitas Baju Adat Khas Sulawesi

Warga Sulawesi Selatan memiliki berbagai macam adat istiadat. Kaya akan kuliner dan berbagai pakaian adat Sulawesi Selatan, dimana sangat mudah ditemukan ketika melancong ke pulau tersebut.

Saat melakukan pesta pernikahan, warga Sulawesi Selatan yang terdiri dari empat suku besar sering tampil mencolok. Mengunakannya perlu pemahaman agar dapat dipadukan dengan desain modern.

1. Baju Bodo

pakaian adat sulawesi selatan

Bajo Bodo adalah pakaian adat dari Suku Bugis Makassar, Sulawesi Selatan, sering dikenakan kaum perempuan. Pakaian adat ini kerap digunakan masyarakat saat menghadiri acara pernikahan.

Digunakan perempuan Bugis dan Makassar yang ditugaskan untuk menyambut tamu-tamu atau menghadiri acara pernikahan. Baju Bodo juga sering digunakan saat menggelar acara di sekolah-sekolah hingga berbagai festival.

2. Baju Tutu

pakaian adat sulawesi selatan

Pakaian adat yang kerap disebut sebagai Baju Tutu ini merupakan pakaian yang kerap digunakan oleh kaum laki-laki suku Bugis-Makassar, Sulawesi Selatan.

Pakaian adat ini berjenis jas yang dikenal dengan nama Jas Tutu. Biasanya Baju Tutu ini akan disandingkan dengan celana atau kain sarung alias lipa.

✔️  Ceramah Ramadhan Bahasa Bugis

Sama dengan Baju Bodo, Baju Tutu juga kerap digunakan dalam acara resepsi acara pernikahan. Untuk menyambut tamu-tamu yang menghadiri acara pernikahan.

3. Pakaian Pengantin Khas Suku Bugis

pakaian adat sulawesi selatan

Pakaian adat pengantin khas suku bugis di Sulawesi Selatan ini juga kerap dijumpai saat menghadiri acara resepsi pernikahan.

Bedanya, pakaian adat pengantin bugis ini hanya dikenakan oleh kedua mempelai wanita dan laki-laki yang sedang melangsungkan pernikahan. 

Pakaian adat pengantin bugis ini memiliki beragam warna. Namun, yang membedakan dengan pakaian adat pengantin dari daerah lain adalah pakaian adat bugis tersebut dihiasi dengan pernak-pernik berwarna keemasan yang dikenakan oleh kedua mempelai.

Untuk menambah keanggunanya, pakaian adat pengantin suku bugis ini juga terdapat pada bagian kepala. Mempelai perempuan akan mengenakan sanggul yang berdiri tegak berbentuk runcing yang mirip dengan tusuk konde.

Sedangkan, mempelai laki-laki biasanya akan dihiasi dengan sebuah keris atau badik pada bagian pinggang. Sementara pada bagian kepala, pengantin pria akan mengenakan ikat kepala yang berbentuk menonjol ke depan.

4. Baju Pokko

pakaian adat sulawesi selatan

Baju Pokko merupakan salah satu pakaian adat di Sulawesi Selatan. Baju Pokko kerap digunakan sebagai pakaian adat bagi perempuan di Kabupaten Tana Toraja, Sulsel.

Baca juga >> Filosofi Corak dan Motifnya Jadi Saksi Sejarah Baju Bodo Khas Bugis Nan Terkenal

Modelnya berlengan pendek yang umumnya terbuat dari kain polos dengan warna-warna yang mencolok. Tetapi, ada juga yang memiliki motif tenun khas Toraja.

Tentunya model seperti sangat erat kaitannya dengan kebanggaan pakaian adat Sulawesi Selatan yang paling terkenal. Sehingga pemakaiannya perlu diketahui agar menjadikannya anggun saat dipakai dan berkesan berbudaya.

Pakaian adat Sulawesi selatan | Pakaian adat Sulawesi selatan dan penjelasannya | Pakaian adat sulawesi selatan baju bodo

Originally posted 2021-11-02 02:28:00.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA