Kenali Penyebab Hp Gampang Panas

penyebab hp panas


Ketika bermain smartphone, tidak jarang ponsel menjadi panas. Banyak faktor yang menjadi penyebabnya, baik itu dari masalah hardware, suhu ruangan, main game terlalu lama atau streaming. Hp panas akan mengganggu kita dalam menggunakan hp. Selain karena tangan kepanasan, performa hp akan menurun karena hardware telah mencapai batas.

Bila Anda tidak segera menangani, panas yang berlebih pada hp akan menimbulkan efek yang berbahaya. Salah satunya, baterai menjadi boros dan yang lebih parah lagi smartphone Anda mengalami overheat dan tidak dapat digunakan lagi. Dengan menghindari hp Anda panas terlalu lama, maka dapat membuat Hp Anda berumur lebih panjang.

Yuk kenali penyebab mengapa hp bisa panas dan baterai boros

Penggunaan HP yang Berlebihan

Menggunakan ponsel secara berlebihan bisa menjadikannya cepat panas, seperti chatting, streaming, nonton film, game baik online maupun offline dalam waktu yang lama. Hal ini dikarenakan komponen di dalamnya harus bekerja lebih keras, prosessor yang membutuhkan daya dari baterai dan menyebabkan baterai mengalami kenaikan suhu. Perlu diketahui bahwa sumber panas smartphone berasal dari prosessor smartphone itu sendiri.

Jadi, gunakan smartphone sewajarnya saja.  Menggunakan ponsel secara berlebihan dapat menyebabkan umur ponsel lebih pendek.

Kondisi ruangan sekitar

Jika berada di ruangan yang panas, otomatis smartphone akan memiliki suhu yang panas juga. Suhu ruangan yang panas menyebabkan prosessor ikut panas dan bisa mengalami overheat. Suhu dingin pun dapat menyebabkan kelembapan pada hardware ponsel.

Aplikasi di Latar Belakang 

Ada beberapa aplikasi yang meski telah dimatikan, tetap berjalan di latar belakang dan masih menggunakan memori RAM dan prosessor untuk menjalankannya.  Hal ini akan memaksa kinerja prosessor, menguras daya baterai dan menyebabkan ponsel panas.  Jadi solusinya adalah menghapus aplikasi yang berjalan di latar belakang dengan menekan tombol home selama dua detik atau menekan tombol ikon bergaris tiga pada ponsel, lalu hapus aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Virus Smartphone 

Virus smartphone juga menjadi salah satu penyebab hp panas. Virus ini bisa berupa malware yang berasal dari aplikasi yang didownload bukan dari playstore.

Selain itu juga bisa berasal dari situs yang berbahaya, malware bisa mencuri data-data pada smartphone dan membuat kinerja smartphone tidak optimal. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Anda bisa menggunakan scan virus smartphone misalnya security master, AVG AntiVirus Security, 360 security, Avira antivirus, dll.

Menggunakan saat Pengisian Daya

Menggunakan ponsel dalam keadaan dicharge bisa berdampak buruk pada kesehatan baterai dan perangkat Anda, ponsel Anda akan cepat panas karena baterai digunakan untuk dua kegiatan dalam waktu yang bersamaan. Menyimpan hp ketika sedang mengisi daya sangat dianjurkan, selain membuat pengisian daya menjadi efisien, juga bisa menjadikan ponsel Anda lebih sehat.

Penyumbatan pada Lubang Ponsel

Tidak sedikit pengguna ponsel yang melalaikan kebersihan lubang smartphone, hal ini karena kotoran tidak terlihat dan meremehkan hal itu. Padahal kotoran yang berupa debu yang menempel di perangkat bisa menyebabkan penyumbatan. Penyumbatan inilah yang bisa mengakibatkan panas pada ponsel Anda. Jadi, rutinlah membersihkan lubang ponsel menggunakan cutton bud agar tetap berjalan secara optimal.

Penggunaan Case yang Salah

Banyak yang tidak mengetahui bahwa case juga berpengaruh pada suhu ponsel. Case yang terbuat dari bahan yang jelek dalam sirkulasi udara dan perambatan panas sangat tidak dianjurkan untuk digunakan. Karena jenis case seperti ini memperburuk kesehatan ponsel Anda.

Case yang berjenis hardcase adalah contoh case yang baik untuk menahan panas, sedangkan soft case tidak direkomendasikan karena menghambat pengeluaran panas.


Jumlah File yang Berlebihan

Terlalu banyak file dapat memberatkan smartphone, aplikasi yang tidak berguna bisa membuat kinerja ponsel Anda tidak optimal. File dan cache juga dapat memberatkan prosessor menjadi cepat panas. Jadi pastikan Anda pandai memanaj file dengan baik agar kinerjanya lebih cepat, optimal, dan tidak mudah panas. Selalu cek aplikasi yang tidak digunakan atau jika khawatir akan dibutuhkan kembali , backup ke internet atau hardisk pc Anda.

Nah, itulah beberapa penyebab smartphone gampang panas dan solusi yang penulis berikan. Semoga bermanfaat ya. 

Originally posted 2021-06-24 07:34:00.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA