Kesalahan Umum Pencari Kerja di LinkedIn

Saat ini dengan pesatnya perkembangan teknologi, banyak lahir aplikasi jejaring sosial untuk tujuan pencarian kerja, salah satunya adalah LinkedIn. Namun, LinkedIn masih tergolong baru dan jumlah kandidat yang menggunakannya hanya seperempat dari jumlah perekrut. Penyebabnya adalah karena Anda tidak memahami dengan baik fitur dan penggunaan aplikasi ini, sehingga Anda melakukan kesalahan yang membuat proses pencarian kerja menjadi tidak efektif. Jadi apa kesalahan umum saat mencari pekerjaan di LinkedIn?

Gambar profil kurang profesional

Banyak dari Anda yang tidak memasang avatar atau memilih gambar yang kurang serius, tidak menunjukkan profesionalisme. Ini akan membuat pencari kerja tidak tahu siapa Anda, seperti apa penampilan Anda, kandidat nyata atau hanya membuat profil virtual. Dan yang pasti mereka tidak akan pernah memilih pengguna seperti itu untuk dipelajari, diajak wawancara.

Jadi, hanya karena kesalahan kecil, Anda kehilangan kesempatan untuk mencari pekerjaan. Oleh karena itu, alih-alih gambar Idola atau hewan peliharaan, bunga, dll., perbarui foto nyata, serius, pakaian rapi dan cerah di LinkedIn untuk menciptakan daya tarik dan kesan pada perekrut karyawan.

Informasi Diri Tidak Lengkap atau Kurang Meyakinkan

Di LinkedIn, di bawah gambar profil, akan ada deskripsi dan pengenalan diri Anda. Ini juga salah satu informasi penting, namun banyak dari Anda yang mengabaikannya atau menulisnya dengan terlalu asal-asalan.

Bahkan, ketika mempelajari pengguna melalui profil LinkedIn mereka, perekrut akan ingin tahu pekerjaan apa yang Anda cari, apa sifatnya, dan bagaimana tujuan pengembangan Anda, sehingga menilai kesesuaian Anda, layak atau tidak? Dan jika di bagian ini, Anda menghilangkan atau menulis informasi yang terlalu samar dan tidak spesifik, profil Anda pasti akan masuk ke dalam “daftar hitam”.

Jadi, dalam deskripsi judul, jelaskan profesi Anda dan detail pekerjaan yang Anda inginkan. Namun, perlu diketahui bahwa informasi harus disajikan dengan singkat dan mudah dipahami.

✔️  Apa Itu LinkedIn? Bagaimana Cara Menggunakannya?

Baca juga:

Apa Itu LinkedIn? Bagaimana Cara Menggunakannya?

Mengapa Pebisnis Harus Menggunakan LinkedIn?

Tidak menjelaskan secara detail pengalaman kerja sebelumnya

Saat mencari dan melamar pekerjaan, pengalaman kerja selalu menjadi informasi penting yang diperhatikan oleh pemberi kerja. Banyak dari Anda membuat kesalahan dengan hanya mencatat posisi Anda dulu bekerja, posisi apa yang Anda miliki, tanpa menjelaskan secara rinci, apa sebenarnya pekerjaan itu.

Hal itu boleh-boleh saja tapi tidak cukup bagi perekrut untuk memahaminya. Oleh karena itu, penting merincikan detail pekerjaan Anda sebelumnya, jika perlu sertakan pula pencapaian Anda selama bekerja di perusahaan sebelumnya.

Tidak Melampirkan Surat Lamaran

Fitur khusus saat mencari pekerjaan di LinkedIn yang banyak pengguna tidak mengerti adalah perlunya surat lamaran. Hal ini dianggap sebagai pengakuan atas kompetensi dan kualifikasi rekan kerja dan atasan Anda.

Dengan demikian, Anda akan menegaskan kredibilitas Anda, menciptakan kepercayaan bagi pemberi kerja. Oleh karena itu, harap berhati-hati, perbaiki surat lamaran Anda untuk membuka lebih banyak peluang kerja bagi diri Anda sendiri di masa depan.

Kurang Interaksi dengan Pengguna Lain

LinkedIn semacam jejaring sosial, jadi menciptakan interaksi, berinvestasi dalam gambar, posting sangat penting, membantu Anda membuka lebih banyak peluang. Semakin aktif Anda, semakin Anda menonjol, semakin banyak hubungan yang akan Anda miliki, dan semakin dekat Anda dengan pekerjaan yang Anda minati.

error: This content is protected by DMCA