Ketahui 4 Tokoh Hebat dari Suku Bugis yang Dikenal Dunia

Kehadiran tokoh hebat dari suku Bugis memang sudah tidak bisa diperdebatkan, sebab lahirnya mereka erat kaitannya dengan lingkungan sosial maupun budaya. Dengan begitu, sangat berpengaruh keragaman dari berbagai suku yang masuk ke Sulawesi Selatan.

Ketika masyarakat Indonesia lebih condong kepada Bapak Proklamator, Bung Karno atau Sahabat karibnya, yakni Mohammad Hatta, jangan lupakan juga jasa-jasa pengembangan ilmu dari beberapa orang hebat dari pulau Celebes ini.

Para tokoh ini memiliki pemikiran kritis, filosofis hingga menumbuhkan semangat belajar sampai menurun ke generasinya. Ini menjadi ujung tombak perjuangan dan center bagi para pecinta juang di ranah Nusantara.

Dalam darahnya selalu melahirkan api semangat untuk bersinergi, hingga sejarah mencatat ada banyak orang jenius nan bijaksana dilahirkan di sini. Sehingga menjadi kebanggaan masyarakat yang berasal dari Makassar, Pinrang, Pare-Pare, Bone dan sekitarnya.

Siapa saja tokoh-tokoh yang akan dibahas, lalu kontribusi apa yang menjadikannya besar di telinga dan mata warga Indonesia? Inilah empat orang besar yang berasal dari tanah Bugis atau memiliki darah keturunan dari sana.

Kenali 4 Tokoh Besar nan Mendunia dari Suku Bugis


Bukan hanya dikenal sebagai orang terpandang dari keluarga darah biru, namun kebiasaan mereka dalam menggali keilmuan dan kehidupan selalu mengedepankan logika. Sehingga tidak jarang lahir orang-orang kritis namun berkualitas tinggi.

Faktor lingkungan menjadi penyebab utama mengapa mereka menjadi seperti itu, layaknya sebuah buku yang diisi berbagai tulisan lalu melahirkan sebuah cahaya baru. Sejarah mengatakan bahwa ada diskusi pendek dalam lingkungan akademis dimulai sejak dini.

Mendiskusikan berbagai hal yang menjadi masalah hingga mencari solusi sebaik mungkin menjadi makanan sehari-hari bagi mereka, maka tidak heran jika keempat tokoh besar terbaik suku Bugis ini dikenal di penjuru dunia.

  1. Muhammad Syamsi Ali

Lahir di Bulukumba, Sulawesi Selatan, pria berusia 50 ini merupakan imam unggulan masyarakat di Islamic Center of New York. Juga dipercaya menjadi direktur Jamaica Muslim Center, sebuah yayasan dan masjid yang berlokasi di kawasan timur New York, AS.

Setelah menyelesaikan S2 di Pakistan, beliau mendapat undangan memberi wejangan religi di Konsulat Jenderal RI Jeddah di Arab Saudi kemudian berunding perpindahan ke New York. Kini beliau tetap aktif menjaga komunikasi antar agama di AS, terutama pantai timur.

  1. Muhammad Quraish Shihab

Namanya tidak asing merupakan mantan Menteri Agama pada Kabinet Pembangunan VII yang tersohor berkat karyanya, Tafsir Al Misbah. Ayah dari host terkemuka, Najwa Shihab, memang berasal dari keluarga suku Arab Quraisy-Bugis berintelektual.

Beliau bukan satu-satunya pakar al-Qur’an yang berasal dari Indonesia, tapi kemampuannya modernitas dalam berkarya seperti menerjemahkan dan membawakan ceramah sangat mudah dicerna oleh segala kaum Muslim sehingga menjadikannya terkenal.

Tidak heran jika namanya sebagai tokoh besar dari suku Bugis dan masuk dalam daftar 500 Muslim Paling Berpengaruh di Dunia, karena berkat jasa-jasanya mengembangkan ilmu tentang Islam dan segala bidangnya, serta mudah diaplikasikan oleh masyarakat Indonesia.

  1. Bacharuddin Jusuf Habibie

Beliau pernah menjabat sebagai Presiden RI ketiga, juga mendalangi pembuatan pesawat N250 Gatot Kaca, dimana merupakan pesawatbuatan pertama Indonesia. Prestasinya dalam dunia teknologi permesinan sudah terpupuk sejak kecil.

Selain prestasinya, kisah cinta abadi antara B.J Habibie dengan Hasri Ainun Habibie menjadi topik hangat yang selalu dibicarakan. Apalagi sejak kisahnya difilmkan, semua orang tahu siapa BJ. Habibie dan perjuangan kerasnya selama di RWTH Aachen, Jerman.

  1. Riri Riza

Nama Riri Riza kini menjadi salah satu pamor asal Bugis yang membangkitkan kembali industri film Indonesia. Jasanya mengangkat derajat perfilman tertampil pada tayangan favorit masyarakat yakni Petualangan Sherina, Gie, dan Laskar Pelangi.

Sutradar sudah dijajal dan menuai kesuksesan yang fantastis, kini Riza mencoba bermain di produser. Dan film yang masih digarap oleh salah satu tokoh hebat dari suku Bugis ini adalah Pendekar Tongkat Emas.

Originally posted 2021-12-14 08:24:51.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA