Tips Bekerja Efektif dan Efisien dari Rumah

Tips bekerja efektif dan efisien dari rumah – Mungkin Anda yang sudah bertahun-tahun bekerja sebagai karyawan kantor, berangkat pagi pulang petang merasa perlu membanting stir untuk memulai usaha dari rumah.


Bekerja dari rumah merupakan bentuk yang tidak lagi terlalu asing bagi kita saat ini. Namun untuk bisa tetap produktif seperti saat bekerja di kantor bukanlah hal yang mudah. Jadi apa rahasia untuk membantu Anda meningkatkan efisiensi saat bekerja dari rumah?  

Berikut ini tips kerja efektif dan efisien dari rumah

  • Tentukan dengan jelas ruang kerja

Bekerja dari rumah memberi Anda keuntungan karena dapat dengan bebas memilih dimana Anda melakukan pekerjaan Anda. Namun, Anda juga mudah teralihkan saat ranjang empuk atau sofa yang nyaman mengundang Anda untuk berbaring dan bersantai dengan kesenangan lain. Jadi, hal terpenting saat bekerja dari rumah adalah mendefinisikan dengan jelas ruang di mana Anda akan bekerja setiap hari dengan serius.

Pilih tempat dengan ruang yang cukup sehingga Anda dapat memuat komputer dan alat lain seperti pena, buku catatan, dll. untuk melayani pekerjaan Anda. Ruang yang Anda pilih harus memiliki pencahayaan dan ventilasi yang cukup, hindari rasa sempit dan sesak saat bekerja dari rumah. Selain itu, Anda juga bisa mendekorasi lebih banyak bingkai foto atau pot tanaman kecil untuk menambah inspirasi bekerja, mirip dengan cara Anda mendekorasi ruang kerja di kantor.

Dengan cara ini, Anda membantu tubuh Anda mengingat bahwa ini adalah ruang kerja, membantu Anda menghindari aktivitas yang mengganggu dan menjadi lebih produktif.

  • Pertahankan jadwal yang sama seperti saat bekerja di kantor

Bekerja dari rumah menghemat waktu Anda untuk persiapan dan perjalanan ke tempat kerja. Oleh karena itu, bangun kesiangan dan terkadang melewatkan sarapan adalah perilaku yang sangat mungkin muncul saat bekerja dari rumah. Namun, ini adalah praktik yang tidak sehat dan membuat tubuh Anda secara tidak sadar terbiasa dengan kecepatan ini, yang menyebabkan penurunan produktivitas kerja.

Sebaliknya, pertahankan jadwal yang sama seperti ketika Anda masih bekerja seperti bangun tepat waktu, sarapan, dll. Ini juga merupakan kesempatan yang baik bagi Anda untuk mengintegrasikan beberapa kebiasaan baik ke dalam jadwal Anda, seperti berolahraga, minum cukup air atau membuat daftar tugas untuk hari itu. Dengan begitu, saat kembali ke kantor, Anda tidak akan terlalu kesulitan menyesuaikan diri dengan kecepatan yang sama seperti sebelumnya.

  • Olahraga secara teratur
✔️  6+ Bisnis Rumahan Tanpa Modal Paling Gampang

Saat bekerja di kantor, akan ada tugas-tugas yang membuat Anda berpindah-pindah seperti mengumpulkan dokumen, menandatangani dokumen, rapat atau sekadar pergi makan siang bersama rekan kerja. Namun, setelah Anda bekerja dari rumah, hanya ada sedikit alasan untuk berpindah-pindah. Duduk di meja selama berjam-jam tidak baik untuk kesehatan Anda, dengan mudah menyebabkan rasa sakit dan kelelahan untuk tubuh dan pikiran Anda.

Jadi, biasakan untuk aktif setelah satu atau dua jam duduk di tempat kerja . Anda dapat memilih dari latihan peregangan di tempat, atau bergerak di sekitar rumah, melakukan tugas di sekitar rumah untuk menggerakkan tubuh dan menenangkan pikiran. Dengan demikian, ketika Anda kembali bekerja, Anda akan merasa seperti baru saja dihidupkan kembali, dan performa kerja Anda juga akan meningkat.

  • Tentukan dengan jelas saluran komunikasi kerja

Bekerja dari rumah berarti Anda tidak dapat bertemu langsung dengan atasan dan rekan kerja untuk mendiskusikan pekerjaan dengan nyaman.   Jika sebelumnya Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah untuk dapat berkonsultasi dengan atasan Anda tentang proyek yang sedang Anda kerjakan, atau menoleh ke samping untuk mendengar saran rekan kerja Anda tentang produk yang sedang Anda kerjakan, sekarang, itu semua harus dilakukan dari jarak jauh, melalui aplikasi dan middleware.

Meskipun memakan waktu tidak dapat dihindari, Anda masih dapat memaksimalkan produktivitas Anda dengan mengidentifikasi secara jelas saluran komunikasi mana yang tepat untuk membahas masalah tertentu . Untuk masalah penting yang memerlukan pertimbangan dan umpan balik yang cermat, persiapkan kekhawatiran Anda sebelumnya dan sampaikan dalam rapat online yang berlangsung selama satu hingga dua jam.

Untuk informasi atau dokumen penting yang perlu persetujuan, gunakan email dan jangan lupa sebutkan secara jelas dan singkat tujuan dari email ini agar penerima dapat mengetahui dengan jelas apa yang Anda minta tanpa harus membuang waktu untuk membuka lampiran jika tidak benar-benar diperlukan.

Aplikasi obrolan biasa hanya boleh digunakan untuk bertukar beberapa masalah yang tidak terlalu penting dan membutuhkan tanggapan cepat, dan tidak boleh digunakan oleh Anda sebagai saluran kerja resmi. Itu karena aplikasi ini sering tidak memiliki nilai penyimpanan jangka panjang dan sulit untuk menemukan informasi saat dibutuhkan.

Originally posted 2022-03-10 02:06:50.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA