Cara Posting Gambar Bebas Plagiat di Blog

deng tutor

Situs web atau blog yang di dalamnya terdapat gambar atau foto akan tampak lebih menarik dibandingkan situs yang hanya menyuguhkan ratusan kata. Pengunjung akan lebih betah membaca penjelasan dengan selingan gambar untuk menghindari rasa bosan. Tapi, banyak blogger yang tidak menyadari itu dan merasa bodo amat alias tidak peduli. Alhasil, traffic situs tidak kunjung membaik.

Masalah lain, ada banyak blogger yang dengan serampangan mengambil gambar di google dengan cara yang lazim digunakan.  Klik kanan > save image As, selesai.  Gambar tersebut diposting kembali ke website  miliknya. Hal ini jelas terdeteksi plagiat. Cara ini juga sering dilakukan oleh saya sendiri, tapi setelah mengetahui hal tersebut fatal, jadi tidak berani lagi mencoba. 

Lalu bagaimana agar artikel atau blog Anda tidak bermasalah di kemudian hari hanya karena gambar terdeteksi plagiat? Ada bebebrapa cara posting gambar bebas plagiat yang bisa Anda  terapkan agar lebih aman. 

Mengambil Gambar yang Berlabel “free for commersial use”

Kita dapat menemukan banyak gambar di google mulai dari yang berkualitas tinggi sampai pada yang sangat buruk. Masih banyak orang yang berbaik hati mengupload gambar dengan status bebas digunakan ulang secara komersial. Hal ini menjadi kesempatan bagi blogger untuk diposting di website.

Caranya:

Silahkan buka Google, pilih menu gambar/image

Selanjutnya pilih menu setelan, lalu klik penelusuran lanjutan.


deng tutor
Setelah itu, silahkan lihat list paling bawah, hak pengguna. Anda ubah menjadi Lisensi comersial dan lainnya dan klik penelusuran lanjutan untuk menerapkan.

Anda bisa melihat perbedaannya dengan gambar sebelumnya di bawah ini

Anda juga bisa langsung menuju situs penyedia gambar gratis, misalnya Pixabay, picjumbo, my wallpapers, dll.

Bagaimana jika tidak relevan dengan isi Artikel?

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa gambar yang terdapat pada situs yang telah disebutkan tidak cocok dengan beberapa topik, misalnya budaya atau suku  tertentu di Indonesia. Iya, karena memang ini merupakan situs luar dan isinya pun hanya mendukung artikel umum saja.

Disamping itu, menggunakan gambar filter dari google (cara pertama) juga hasilnya kadang nihil, tidak sesuai keinginan, tidak menarik dan lain sebagainya.

Memodifikasi Gambar

Cara selanjutnya yaitu silahkan megambil gambar yang sesuai dengan isi artikel, tapi tidak dengan mengklik kanan lalu memilih save image as. Tapi, dengan cara screenshoot. Kenapa? Cara ini tidak bisa terdeteksi oleh google bahwa gambar yang Anda gunakan merupakan plagiat. 

Tapi resikonya silahkan tanggung sendiri jika sewaktu-waktu website Anda menjadi terkenal dan pemilik gambar mengenali foto yang Anda gunakan, mungkin saja itu hasil jepretan dia atau merupakan manusia pertama yang mengupload gambar itu di google. Bisa saja kan? 

Cara lain, Anda bisa memodifikasi gambar tersebut dengan cara meng-crop, mengubah ukuran dan pencerahan gambar seolah-olah foto tersebut hasil jepretan sendiri.

Sebenarnya ada banyak situs yang menyediakan gambar-gambar gratis yang bisa Anda gunakan dengan bebas untuk kebutuhan websites, diantaranya:

  • Wikimedia Commons
  • Flicr : Creative Commons
  • StockPhotosforFree.com
  • Open Clip Art
  • Freeimages
  • Pixabay

Demikianlah cara posting gambar bebas plagiat yang bisa Anda terapkan dalam postingan artikel. Cara ini telah dilakukan oleh para blogger lainnya. Dijamin bebas plagiat, khususnya pengguna iklan google adsense, cara ini harus dilakukan untuk menghindari surat cinta dari Google Adsense yang berisi tuduhan “Plagiat”. 

Originally posted 2020-09-18 15:27:00.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA