Panduan Pemula Cara Menjadi Guru Terbaik

cara jadi guru

Salah satu karir impian seorang anak ketika ditanya “Mau jadi apa?”, ia akan menjawab “menjadi guru”. Kenapa karir itu diidamkan oleh banyak anak? Ya mungkin karena menarik perhatian banyak anak dari segi penampilan dan cara mengajar di kelas.

Namun setelah tumbuh dewasa baru akan memahami bahwa menjadi guru adalah pekerjaan paling mulia dibandingkan karir yang lain. Menjadi guru adalah perkara membentuk manusia menjadi sebaik-baik manusia.

Lalu, bagaimana cara menjadi guru? Pedoman di bawah ini semoga bisa membantu.

Belajar dengan benar untuk mengajar dengan benar

Untuk dapat melanjutkan pendidikan lebih lanjut yang diperlukan untuk memenuhi syarat menjadi guru , Anda harus memiliki gelar GED/SMA untuk dapat melanjutkan pendidikan lebih lanjut ini. Anda bahkan mungkin perlu memiliki nilai minimum tertentu untuk memenuhi syarat. Maka Anda perlu mendapatkan gelar dalam pendidikan. Temukan persyaratan gelar di negara Anda atau negara bagian tempat Anda akan mengajar. Dan selalu ingat apa yang akan Anda katakan kepada anak-anak setelah menjadi guru. 

Apa yang ingin Anda ajarkan?

Pertama, penting untuk memikirkan apa yang ingin Anda ajarkan. Apakah Anda lebih baik dengan anak kecil atau Anda lebih menyukai mata pelajaran yang lebih cocok untuk siswa sekolah menengah atau mahasiswa, seperti matematika tingkat lanjut atau bahasa Inggris? 

Jika Anda tahu Anda ingin menjadi seorang pendidik tetapi belum yakin jalan apa yang harus diambil, tidak ada salahnya untuk memulai dengan sedikit kuis dan beberapa info latar belakang tentang berbagai jenis karir mengajar.

Atau mungkin Anda tidak mencoba mencari tahu apa yang ingin Anda ajarkan, seperti alasannya . Seperti apa bidang pengajaran itu? Apa yang dapat Anda harapkan setelah Anda masuk ke dalam kelas? Apakah itu akan cocok untuk Anda? Sekarang adalah waktu yang tepat untuk mencari tahu.

Mencari lowongan guru dengan gaji terbaik

Setelah Anda memutuskan, “Oke, ini yang ingin saya lakukan,” saatnya untuk memilih tempat. Mengajar bisa sangat berbeda tergantung di mana Anda berada. Pepatah umum mengatakan bahwa guru secara kronis dibayar rendah alias gaji gecil, tetapi bayarannya dapat sangat bervariasi tergantung di mana Anda berada. 

Dapatkan sertifikasi Anda

Anda harus menyelesaikan serangkaian tes selain gelar yang telah Anda peroleh, setelah itu Anda akan diizinkan menjadi guru. Tes-tes ini akan memberi Anda sertifikasi penting. Setiap negara akan memiliki persyaratan yang berbeda, ikuti panduannya.

Cinta dengan anak-anak

Dapatkan beberapa pengalaman dalam menangani anak-anak. Menjadi sukarelawan dalam kelas atau mendapatkan pekerjaan di pusat penitipan anak. Menjadi perimbangan penting bagi calon guru yang menyukai atau senang bergaul dengan anak-anak. Jadi, pastikan Anda lolos di bagian ini.

Mengumpulkan referensi

Dapatkan referensi dari orang-orang yang dapat Anda percayai dan minta mereka menulis dan menilai dengan benar, siap untuk diserahkan begitu diminta. Referensi ini akan memberikan kesaksian langsung tentang keterampilan dan kepribadian Anda

Mengumpulkan sampel

Kumpulkan contoh pekerjaan Anda – rencana pelajaran yang akan Anda tulis, pekerjaan siswa Anda, contoh barang yang Anda gunakan, buku yang Anda gunakan, dll. Contoh tersebut mungkin diminta saat Anda mencari pekerjaan.

Mengajar memang merupakan profesi mulia di mana masa depan berada di tangan Anda dan Anda dapat membentuknya sesuai keinginan Anda. Anak-anak itu seperti semen basah, dan mereka dibentuk sesuai keinginan. Itulah yang dilakukan seorang guru. Hal itu membutuhkan kesabaran dan pengetahuan. Cara menjadi guru memang tidak mudah, butuh proses agar bisa menjadi guru yang bekompeten. 

Originally posted 2021-11-08 04:47:00.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA